Teknologi Pintar Untuk Kegiatan Belanja

Melihat data dari GlobalWebIndex, Indonesia adalah negara dengan tingkat penggunaan e-commerce tertinggi di dunia tahun 2019. Sebanyak 90% dari pengguna internet berumur 16 sampai 64 tahun di Indonesia pernah membeli produk dan jasa secara online. Tidak cuma dari sisi perubahan gaya hidup pembeli, industri e-commerce juga membuka sangat banyak peluang bisnis baru. 

Hal ini juga menimbulkan dampak beruntun atau trickle effect untuk industri pada sektor pendukung, seperti infrastruktur IT, logistik dan operator e-commerce. Tetapi walau begitu, meski berada pada situasi bisnis yang makin kompetitif, banyak potensi di industri e-commerce Indonesia belum dimanfaatkan dengan maksimal, khususnya di banyak kota luar Pulau Jawa. 

Pada tahun 2020, SIRCLO, perusahaan yang menyediakan layanan solusi e-commerce atau e-commerce enabler memaparkan sejumlah tren dan peluang yang dihadapi oleh pelaku bisnis pada era digital ini. Internal SIRCLO mednapat data dari kampanye Hari belanja online nasional atau Harbolnas 12.12 tahun lalu. Data ini menunjukkan meningkatnya transaksi e-commerce yang signifikan untuk wilayah-wilayah di luar Pulau Jawa, seperti Papua, Nusa Tenggara Barat dan Bengkulu.

Teknologi Personalisasi Belanja Online
Personalisasi sekarang ini sudah tambah populer dan berkembang pesat. Pernahkan Anda mencari suatu barang atau jasa di mesin pencari? Kemudian tidak lama sesudah itu Anda melihat iklan barang atau jasa yang Anda cari? Walau website yang sedang Anda kunjungi bukan merupakan website penyedia barang ataupun jasa, namun iklan itu tetap muncul. Itulah salah satu keunggulan dari teknologi personalisasi.

Teknologi ini bisa mempelajari pola dan tingkah Anda ketika sedang browsing di dunia maya. Setelahnya dari sana ia bisa mengambil kesimpulan dan menunjukan ke Anda sesuai dari apa yang biasa Anda lihat atau cari. Hal ini pada dasarnya tidak cuma berlaku hanya pada bidang retail, namun juga pada bidang lainnya. Contoh paling sederhana dan mungkin banyak orang merasakannya adalah di bagian explore dari Instagram.

Virtual Reality & Augmented Reality
Virtual reality dan augmented reality adalah sebuah teknologi yang paling terkenal belakangan ini. Kesanggupannya yang luar biasa dapat digunakan pada berbagai bidang mulai dari game sampai bisnis bahkan science. Teknologi ini sudah masuk dalam area reatail untuk terus menambah layanan terhadap konsumen.

Dengan memakai virtual reality, Anda dapat masuk ke dalam sebuah toko tanpa Anda harus ada dalam toko fisiknya. Teknologi ini membuat Anda seolah berada dalam toko itu dan melihat variasi barang yang ada. Meskipun sebenarnya Anda sudah berada dalam sebuah toko virtual, namun hal ini bisa menimbulkan kesan sedang berada dalam toko sungguhan.

Sedangkan teknologi augmented reality dapat membawa toko ke dalam tempat Anda dengan cara yang berbeda. Anda bisa membawa barang dengan virtual yang Anda ingini ke tempat Anda. Hal ini sedang populer, khususnya penggunaannya pada bidang furniture. Dengan teknologi ini, Anda dapat melihat bagaimana bila nantinya barang itu ada dan diletakan dalam ruangan Anda tanpa harus beli dahulu sebelumnya. Teknologi augmented reality ini memudahkan Anda untuk memperkirakan dan menyesuaikan barang yang ingin Anda beli.

Belanja dengan GPS Trolley
Bila kelima hal yang telah disebutkan tadi adalah hal yang lebih terkoneksi dengan mobile dan online shopping, maka sekarang akan dibahas mengenai trend pada toko fisiknya. Walau teknologi online shopping telah berkembang pesat dan banyak orang melakukan itu, kenyataannya masih banyak orang yang lebih suka datang ke toko fisik. Hal ini bisa saja dikarenakan oleh atmosphere yang diberikan oleh toko itu yang tidak dapat tergantikan secara online. Untuk itu, teknologi di dalam toko juga terus berkembang berdampingan dengan teknologi online.

Electronic Tags untuk Belanja
Masih berbicara mengenai teknologi yang ada langsung pada toko, salah satu teknologi favorit lainnya adalah electronic tags. Melalui teknologi ini, pihak toko dapat dengan mudah melakukan update informasi barang, misalnya harga tanpa perlu menggantinya secara manual. Hal ini juga bisa menghemat kertas yang digunakan sehingga dapat membantu menciptakan lingkungan lebih baik.

Keunggulan Belanja dengan Teknologi Terbaru
Tidak hanya lebih hemat tenaga dan waktu, belanja menggunakan teknologi terkini juga bisa menghemat uang. Contohnya ketika belanja online pada saat ada perayaaan hari jadi situs e-commerce. Umumnya situs belanja online mengadakan diskon ulang tahun. Belum lagi promo pada tanggal cantik seperti promo 10.10, hingga promo 11.11 dan Harbolnas promo 12.12. 

Tentu saja masih sangat banyak orang lebih memilih untuk datang ke toko dan belanja secara langsung seperti yang telah disebutkan tadi. Untuk itu perkembangan pada teknologi online maupun teknologi in store sangat penting untuk memenuhi dua permintaan pasar tersebut.

https://www.ilotte.com/promo-ilotte-3rd-anniversary-000000142704.do
https://devot-ee.com/profile/perkembangan-belanja-online